Tugas Inovasi Dan New teknologi Universitas Gunadarma, Jurusan Sistem Informasi

Tugas Inovasi Dan New teknologi Universitas Gunadarma, Jurusan Sistem Informasi

Berikut adalah Hasil kinerja saya untuk memenuhi Tugas softskill pada Mata pelajaran inovasi dan new teknologi universitas Gunadarma.

____________________________________________________________________________________________

_____________________________________________________

Jurnal 1

 

(Penerapan Algoritma K-Means Pada Penyakit Menular Manusia)

Kesehatan merupakan hal yang berharga bagi manusia karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan, begitu pula pada manusia yang sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit tetapi penyebabnya tidak kita sadari. Hambatan – hambatan yang menyebabkan sulitnya melakukan konsultasi penyakit oleh dokter sekarang ini dapat diatasi dengan adanya program komputer. Dalam hal ini, data informasi dapat membantu pemecahan masalah terhadap penyakit-penyakit.

Pabrik Penyuplai Prosesor Apple Diserang Virus

 

Pada penelitian ini, diimplementasikan algoritma clustering K-means. Alasan penggunaan algoritma K-means di antaranya ialah karena algoritma ini memiliki ketelitian yang cukup tinggi terhadap ukuran objek, sehingga algoritma ini relative lebih terukur dan efisien untuk pengolahan objek dalam jumlah besar. Selain itu algoritma K-means ini tidak terpengaruh oleh urutan objek.

Tujuan perancangan program ini bukan untuk menggantikan peran manusia, tetapi untuk mensubtitusikan pengetahuan manusia kedalam bentuk sistem agar dapat di gunakan oleh orang banyak.

 

K-means merupakan salah satu metode data clustering non hirarki yang berusaha

mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih cluster atau kelompok. Kelebihan Algoritma K-means diantaranya adalah mampu mengelompokkan objek besar dan pencilan obyek dengan sangat cepat sehingga mempercepat proses pengelompokan. Kekurangan Algoritma K-means yaitu. Sangat sensitive pada pembangkitan titik pusat awal secara random, hasil pengelompokan bersifat tidak unik (selalu berubah-ubah) dan proses pengerjaannya cepat tetapi keakuratannya tidak dijamin. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil dari metode Algoritma K-means clustering data mining dapat digunakan untuk metode pengendalian persediaan pada Puskesmas Pandanaran, sehingga apabila akan dilakukan pengadaan persediaan obat pada tahun 2014, petugas dapat melihat daftar Puskesmas terbanyak yang menderita penyakit menular.

Metode Kelebihan Kekurangan
Melakukan pemanfaatan Teknologi system informasi untuk membantu menganalisis, dan memperkirakan dalam bentuk data. Yang dimana pada artikel ini berhubungan dengan pengaplikasian pemograman komputer tentang  penelitian penyakit menular. –          Memberikan efesiensi waktu.

–          Meminimalisir kesalahan human eror.

–          Menambah tingkat ketepatan pada sebuah pendataan.

–          Dapat melakukan pemantauan lebih efektif dalam kinerja.

 

–          Perlu tenaga ahli khususnya di bidang pemrograman dalam melakukan proyek tersebut.

–          Masih banyak kemungkinan terjadinya kesalahan terutama pada kesalahan system.

Referensi Dan Sumber

  • Studi Teknik Informatika, Universitas Majalengka
  • Cushing, B.E., Graham Jr, L.E., Palmrose, Z.V., Roussey, R.S. and Solomon, I., 1995. Risk orientation. Auditing, Practice, Research, and Education A Productive Collaboration.
  • Larose, D.T., 2005. Introduction to data mini ng (pp. 1-26). John Wiley & Sons,
  • Inc.Berry, M.W. and Browne, M., 2006. Lecture notes in data mining. World Scientific.
  • Susanto, S. and Suryadi, D., 2010. Pengantar data mining mengagali pengetahuan dari bongkahan data.
  • Luthfi, K. and Taufiq, E., 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta Andi.
  • Santosa, B., Conway, T. and Trafalis, T,2007. A hybrid knowledge based-clusteringmulti-class SVM approach for genes expressionanalysis. In Data Mining in Biomedicine (pp. 261-274). Springer, Boston, MA.
  • Agusta, Y., 2007. K-Means Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika, 3(1), pp.47-60.
  • Lloyd, S., 1982. Least squares quantization in PCM. IEEE transactions on information theory, 28(2), pp.129-137.
  • Arthur, D. and Vassilvitskii, S., 2006, June.How slow is the k-means method?. In Proceedings of the twenty-second annual symposium on Computational geometry (pp. 144-153). ACM..

 

 

Jurnal 2

 uses of computer in business

( E-Comerce Pemasaran Hasil Pertanian Berbasis Web )

Era digital disebut pula era informasi, dimana informasi telah menjadi kebutuhan pokok dan komoditas baru. Informasi pertanian merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam produksi dan tidak ada yang menyangkal bahwa informasi pertanian dapat mendorong ke arah pembangunan yang diharapkan. Informasi pertanian merupakan aplikasi pengetahuan terbaik yang akan mendorong dan menciptakan peluang untuk pembangunan dan pengurangan kemiskinan. Dengan demikian petani dapat memanfaatkan teknologi informasi sehingga pedagang lokal tidak sewenang-wenang lagi dalam menentukan harga karena petani mengetahui informasi harga hasil pertanian terkini. mudah dalam mencari informasi benih, pupuk dan informasi tentang cara penanaman, perawatan sampai pemanenan oleh petani.

 

Berikut adalah spesifikasi atau kemampuan dari program aplikasi yang akan di bangun :

 

  1. Administrator, Administrator adalah seorang yang bertugas untuk mengelola website yang nanti akan ditampilkan pada halaman web (Admin, Produsen dan pimpinan )
  2. Halaman user, Pada halaman ini akan terdapat beberapa tool menu ( Halaman Beranda, Halaman Produk, Halaman Keranjang, Cara Pembelian, Hubungi kami )

Selain itu dibutuhkan Rangka  Dalam Melakukanya, Berikut Rangkaian Yang Dibutuhkan  :

 

 

E-Comerce

Perlunya E-Comerce. proses membeli dan menjual atau tukar menukar produk, jasa atau informasi melalui komputer, penggunaan internet dan web untuk transaksi atau lebih formal e-Commerce didefinisikan sebagai transaksi perdagangan yang di mungkinkan secara digital antar organisasi dengan organisasi atau dengan individual serta antar individual dengan individual.

Website

Website atau situs web merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, gambar, data animasi, suara, video, atau gabungan dari berbagai macam data digital lain. Data tersebut membentuk suatu rangkaian dan saling terkait yang masingmasing dihubungkan dengan hyperlink. Website merupakan media penyampaian informasi dengan jangkauan yang luas dan ekonomis.

PHP

PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside.Artinya semua sintax yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.” PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah php BB dan Media Wiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl.

My SQL

Merupakan software yang tergolong database server dan bersifat Open Source. Open Source menyatakan bahwa software ini dilengkapi dengan source code (kode yang dipakai untuk membuat MySql), selain tentu saja bentuk executable-nya atau kode 6 Jurnal Skripsi yang dapat dijalankan secara langsung dalam sistem operasi , dan bisa diperoleh dengan cara mengunduh di Internet secara gratis.

 

                 Metode                 Kelebihan               Kekurangan
Memanfaat kan Teknologi Dalam pertanian, dengan  menggunakan Pengaplikasian E-Comerce Pemasaran Pertanian Berbasis WEB. –          Petani dapat memanfaatkan teknologi informasi sehingga pedagang lokal tidak sewenang-wenang lagi dalam menentukan harga

–          Petani mudah dalam mencari informasi benih, pupuk dan informasi tentang cara penanaman, perawatan sampai pemanenan oleh petani.

–          Menambah Pengetahuan dan memajukan para petani, Khususnya Petani Desa.

–          Perlunya Memahami dan mengenal  Terlebih Dahulu dengan Dunia Teknologi Dan Pemrograman.

–          Harus Dilakukan Pendidikan Kepada Para Petani, Mengingat Umumnya Para Petani HIdup Di Desa Dengan kemungkinan masih Kurangnya Pengetahuan Teknologi Dan Pemrograman.

–          Dapat Terjadi Konflik Antar petani, Dikarenakan Masih banyak Petani yang berfkir untuk Tetap Melakukan seperti Tradisi Dari Zaman Nenek Moyang.

 

Dafttar Pustaka :

Jurnal A.Sulthoni Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (https://media.neliti.com/media/publications/190181-ID-none.pdf), STEKOM Semarang. AndriKristanto, (2003), PerancanganSistemInformasid anAplikasinya, Jakarta. :GavaMedia. Budi SutedjoDharma Oetomo. (2002). Perancangan&Pengem banganSistemInformasi, Yogyakarta :Andi Offset. Handita Ditya Banu, Umar, Umi Fadlilah (2012). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Usantex, Surakarta : ISSN :1411-8890 HariantoKristanto.(2005).Konsepdan Perancangan Database. Yogyakarta :AndiOffset. Haryanti Sri .(2012).Rancang Bangun Sistem Informasi ECommerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus, Surakarta :ISSN :1979-9330 Jogiyanto.(2005). AnalisisdanDesainSistemInfor masi.Yogyakarta:Andi Offset. Kadir, A.(2009). Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database Mysql. Yogyakarta: Andi Offset. Koniyo Andri, Kusrini M.Kom (2007), Tuntutan Membangun System Informasi Kutasi Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server.Yogyakarta : Andi Offset. Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat. Kusrini dan Andri Koniyo. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi. Marimin,M.Sc Prof.Dr.Ir, Ir. Hendri Tanjung, M.M.,M.Ag, Haryo Prabowo,S.P.,M.M. (2006) Sistem Informasi Manajemen Sumber daya Manusia, Bogor, Grasindo. McLeod R, (2005), Sistem Informasi Manajemen – Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit: PT. Prenhallindo, Jakarta Mustakin . (2011).Aplikasi ECommerce Dalam Sistem Penjualan DiMboy’s Cell Demak,Skripsi STEKOM Semarang. Sarwono, Jonathan dan A.H, K Prihartono (2012). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet.Jakarta:PT Elex Media Komputindo. Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Sugiyono (2011), MetodePenelitianKuantitatifKu alitatifdan R&D. Bandung :Alfabeta. 11 JurnalSkripsiA.Sulthoni Suyanto M. (2005), Teknologi Infromasi Untuk Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset. Suryatiningsih, W. M.(2009). Web Programming. Bandung: Politeknik Telkom Swastha, Basu dan Irawan. (2005), Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta :Liberty. Tata Sutabri. (2005). SistemInformasiManajeme,, Yogyakarta:Andi Offset. Turban (2005), Introduction to Information Technology.John Willey & Sons Inc. William J, Stanton. (1986), Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga. Yuhefizar,S.Kom, Ir.HA Mooduto, Rahmat Hidayat,ST (2009), Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla (Cms).Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Tinggalkan komentar

Situs yang Didukung WordPress.com.

Atas ↑